Open top menu
Sabtu, 31 Mei 2014

BAB I
PENDAHULUAN

Dalam kehidupan bisnis di era digital dan perdagangan bebas saat ini, informasi mengalir dari dalam dan luar perusahaan melalui batas-batas wilayah dan negara. Oleh karena itu, penyelenggaraan komunikasi dengan pasar amatlah penting karena akan sangat efektif untuk menambah keberhasilan baik individu dan organisasi atau suatu instansi perusahaan. Saat ini, teknologi komunikasi dan informasi telah memudahkan kita dalam berbisnis bahkan memungkinkan kita untuk berkomunikasi dengan setiap orang di seluruh penjuru dunia tanpa dibatasi ruang dan waktu. Salah satu media komunikasi yang berkembang pesat adalah internet. Perkembangan teknologi internet sudah mengubah wajah dunia saat ini, terutama dalam dunia bisnis. Di tengah pesatnya perkembangan sistem komunikasi, internet berkembang dengan cepat dan menjadi bagian paling penting dalam bidang bisnis. Sebagai contoh, internet membantu dalam bidang pemasaran demi melancarkan tujuan bisnis yang dijalani.
Perkembangan internet menyebabkan terbentuknya sebuah dunia baru yang lazim disebut dunia maya. Di dunia maya ini setiap individu memiliki hak dan kemampuan untuk berinteraksi dengan individu lain tanpa batasan apapun yang dapat menghalanginya. Sehingga globalisasi yang sempurna sebenarnya telah berjalan di dunia maya yang menghubungkan seluruh komunitas digital. Dari seluruh aspek kehidupan manusia yang terkena dampak kehadiran internet, sektor bisnis merupakan sektor yang paling terkena dampak dari perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi serta paling cepat tumbuh. Melalui e-commerce, untuk pertama kalinya seluruh manusia di muka bumi memiliki kesempatan dan peluang yang sama agar dapat bersaing dan berhasil berbisnis di dunia maya.




BAB II
PEMBAHASAN

A.    PENGERTIAN PERDAGANGAN ONLINE
Perdagangan Online adalah segala kegiatan (bisnis/urusan/kepentingan) yang menggunakan fasilitas internet untuk mencapai tujuan (keuntungan/profit). Menurut situs wikipedia.org, Bisnis online dikenal dan digambarkan sebagai Perdagangan elektronik.
Perdagangan elektronik atau e-dagang (bahasa Inggris: Electronic commerce, juga e-commerce) adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-dagang dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.
Perdagangan Online saat ini bukan lagi menjadi istilah asing di Indonesia, baik kita yang kesehariannya terbiasa menggunakan internet ataupun tidak. Apapun definisi yang diberikan untuk Bisinis Online ini, yang jelas pelaku bisnis ini memperolah keuntungan dari adanya internet.
Sebagian orang mendefinisikan bahwa perdagangan online adalah sesuatu aktifitas bisnis baik jasa maupun produk yang ditawarkan melalui media internet mulai dari negoisasi hingga kegiatan transaksinya, seperti menjual software, ebook dan sejenisnya tanpa harus bertatap muka dengan customer. Saya sendiri cenderung lebih setuju apabila Bisnis Online didefinisikan sebagai “sesuatu aktifitas bisnis yang sebagian atau seluruh kegiatannya dilakukan melalui media internet” apapun jenis bisnisnya dari mulai menjual hasil bumi hingga mobil. Dengan kata lain meski kita hanya seorang marketing dari sebuah perusahaan dan melakukan aktifitas marketing melalui media internet, bisa disebut sebagai pelaku bisnis online.
Bahkan yang luar biasa adalah, jika kita memiliki kemampuan memasarkan di internet, sangat terbuka kesempatan luas untuk dapat membantu memasarkan produk-produk orang lain baik perorangan maupun perusahaan-perusahaan dengan pendapatan yang menggiurkan.
Bisnis Online terdiri dari 2 kata yakni Bisnis dan Online. Bisnis adalah suatu usaha atau aktivitas yang dilakukan oleh kelompok maupun individual, untuk mendapatkan laba dengan cara memproduksi produk maupun jasanya untuk memenuhi kebutuhan konsumennya. Sedangkan kata Online menurut adalah suatu kegiatan yang terhubung melalui jaringan komputer yang dapat diakses melalui jaringan komputer lainnya.
Jadi, dapat disimpulkan bahwa Perdagangan atau Bisnis Online adalah suatu kegiatan atau aktifitas yang dilakukan di media internet untuk menghasilkan uang. Seperti halnya sebuah kegiatan bisnis di kehidupan nyata, bisnis online yang di jalankan via Internet ini pun memiliki tujuan yang sama yaitu menghasilkan suatu keuntungan. 
B.    MANFAAT MEDIA SOSIAL DALAM PERDAGANGAN ONLINE
Social media menyediakan interaksi terbaik antara pemilik bisnis dengan pelanggan atau calon pelanggan mereka. Juga membuka kesempatan bagi pemilik bisnis agar bisnisnya dapat dilihat oleh lebih banyak orang dan juga membantu menghasilkan lebih banyak traffic (kunjungan). Potensinya tidak dapat diabaikan lagi oleh pemilik bisnis saat ini, sudah seharusnya mereka memanfaatkan social media untuk meningkatkan keuntungan. Baca terus untuk mengetahui keuntungannya bagi perkembangan bisnis anda.
Jika anda mendengar seseorang atau beberapa orang mengatakan bahwa social media menghasilkan lebih banyak gangguan saat ini, kelihatannya anda mendengar sesuatu yang berlebihan. Awalnya diciptakan untuk tujuan social, pada dasarnya melayani pengguna agar mereka dapat berkomunikasi, berinteraksi dan bersosialisasi, dan saat ini berkembang menjadi sesuatu yang penting. Pencapaian yang luar biasa. Alasannya tentu saja adalah potensinya dalam bisnis online. Social media marketing adalah strategi marketing terbaru dan paling banyak diadopsi oleh pebisnis diseluruh dunia. Ketika anda membaca tentang social media, sepertinya melihat daftar panjang keuntungan yang disediakan dan seberapa efektif untuk memajukan bisnis anda.
Semua klaim tentang social media seperti menjembatani kesenjangan antara bisnis dan konsumen mereka, memberi kemungkinan berbagai macam promosi, pilihan untuk riset pasar yang memuaskan dan sebagainya adalah benar. Bisnis yang telah didirikan dan hadir dalam jejaring social dan menggunakannya uuntuk memperbaiki kinerja mereka telah berhasil dengan sangat memuaskan. Oleh karena itu, jika sampai saat ini kita masih belum memanfaatkan social media untuk meningkatkan kinerja bisnis anda, saya kira kita telah melewatkan kesempatan yang begitu besar.

1.    Membangun Merek

Berada di situs jejaring social seperti facebook, twitter dan LinkedIn memastikan bisnis anda lebih dikenal oleh konsumen dan rekan-rekan anda. anda bisa mendatangkan kunjungan yang sangat besar dengan investasi minimum melalui kampanye di social media. Menciptakan dan membentuk brand image di situs jejaring sosial akan mempunyai dampak yang dahsyat bagi bisnis anda.

2.    Iklan

Iklan sudah menjadi keharusan bagi bisnis apapun. Namun, seringkali menjadi hambatan bagi pemula dan pemilik bisnis kecil karena mahalnya biaya yang harus mereka keluarkan untuk berpromosi. Jejaring sosial hadir memberikan solusi yang sangat tepat, anda dapat mempromosikan produk anda tanpa biaya sepeserpun.

3.    Riset Pasar

Pengguna jejaring sosial mengekspresikan pendapat mereka tentang apapun melalui situs jejaring sosial, ini memberikan umpan balik kepada anda dengan sangat cepat. Anda bisa menggunakan aspek ini untuk riset pasar yang efektif. Dengan data yang langsung berasal dari konsumen, seharusnya memberikan kemudahan kepada anda untuk memperbaiki bisnis anda dengan cara terbaik untuk melayani permintaan konsumen.

4.    Mengecek Pesaing Anda 

Sangat penting sekali mengetahui kinerja pesaing anda di pasar sehingga anda bisa memberikan yang lebih baik. Situs jejaring sosial memungkinkan anda untuk memantau pesaing anda, kampanye mereka, bagaimana mereka melayani pelanggannya, setiap transaksi dan penawaran yang mereka sediakan dan lain-lain.
   
5.    Layanan Konsumen Yang Lebih Baik

Setelah perusahaan anda berda di situs jejaring sosial, anda mempunyai kontak langsung dengan konsumen,. Hal ini memungkinkan bagi anda untuk menjawab semua pertanyaan dari mereka dan juga memantau berbagai opini yang berkembang secara cepat dan langsung. Ini bisa menjadi metode yang lebih baik daripada harus melakukan hal yang sama melalui media lainnya karena mereka lebih nyaman mengakses halaman perusahaan anda di situs jejaring sosial.

6.    Membangun Kepercayaan dan Loyalitas Konsumen

Menangani pertanyaan pelanggan secara langsung dan memperlakukan mereka seperti layaknya seorang teman akan memberikan kepuasan dalam rangka membangun kepercayaan serta loyalitas mereka yang sangat penting bagi bisnis anda dalam jangka panjang. Jika anda mempunyai jumlah pelanggan setia yang baik, anda bisa mengharapkan mereka untuk bisa menjadi duta merek anda. Dengan senang hati mereka akan mendukung apa yang telah mereka yakini.

Sangat jelas sekali, optimasi sosial media berfokus pada keterlibatan pelanggan setia secara aktif, anda bisa mengharapkan peningkatan keterlibatan pelanggan dengan organisasi anda. Dengan komunikasi yang baik dan optimasi situs media sosial berdasarkan data yang anda peroleh dari situs jejaring sosial, anda dapat menemukan cara yang lebih baik untuk melibatkan pelanggan anda dan memanfaatkan mereka untuk lebih banyak bersuara tentang bisnis anda.
7.    Pemasaran
Pemasaran adalah salah satu keuntungan terbesar dari jejaring sosial untuk bisnis. Ada banyak cara untuk menggunakan media sosial untuk pasar bisnis Anda. Misalnya, mengembangkan halaman Facebook Fan untuk mempertahankan pelanggan dalam informasi tentang update produk. Buat saluran YouTube untuk menampilkan fitur dan manfaat produk Anda.
8.    Merekrut
Keuntungan lain dari menggunakan jaringan sosial adalah bahwa Anda dapat merekrut karyawan yang berbakat untuk bisnis Anda. Gunakan Twitter untuk mengirim pesan tentang posisi terbuka di perusahaan Anda. Atau, jaringan dengan pencari pekerjaan di LinkedIn untuk merekrut bakat untuk bisnis Anda. Orang yang sering menggunakan jaringan sosial bisa menjadi aset bagi perusahaan Anda karena mereka mahir dengan teknologi.
C.    TEKNIK MENJARING PEMBELI
Sebenarnya ada banyak cara untuk kita bisa memperkenalkan sesuatu yang kita miliki kepada orang lain.Yang dalam dunia bisnis biasa disebut dengan istilah Promosi. Disini saya mencoba menggolongkan cara promosi ke dalam 2 bagian. Dan anda bisa memilih salah satunya ataupun menjalankan kedua cara tersebut.
Berikut kedua cara promosi yang sudah terbukti ampuh mendatangkan pembeli :

1. Promosi OFFLINE
Dilakukan seperti pada umumnya kita menawarkan sesuatu ke orang lain,
•    dari mulut ke mulut
•    menggunakan brosur/leaflet/kartu nama
•    pasang iklan di media cetak/media elektronik
Tentunya yang kita promosikan adalah segala informasi yang merujuk ke produk kita.

2. Promosi ONLINE

Cara inilah yang sangat kami anjurkan untuk Sahabat, karena dengan cara ini Sahabat memiliki peluang yang sangat BESAR untuk bisa menjual PRODUK sahabat.
•    Melalui Email
Melakukan promosi melalui EMAIL terbukti cukup ampuh, karena Sahabat sudah mengenal betul siapa targetnya. Silakan lakukan promosi dengan bahasa Sahabat sendiri kepada sebanyak mungkin orang dengan cara yang santun dan bukan SPAM.
Salah satu kategori SPAM ialah mengirim email promosi sembarangan kepada orang/komunitas/milist/forum yang tidak menginginkan email Sahabat, atau Sahabat mengirimkan email iklan ke komunitas/milist/forum tertentu secara terus menerus dalam 1 hari baik dengan sengaja atau pun tidak, dengan menggunakan software tertentu. Berpromosilah dengan santun dan tanpa melanggar kode etik promosi.
•    Melalui Iklan Baris
Sahabat bisa menggunakan media iklan baik yang berbayar maupun gratis untuk memasang banner/iklan baris.
•     Melalui Blog atau Website
Jika Sahabat sudah memiliki Blog/Website, bisa menuliskan Artikel tentang produk Sahabat bisa menyisipkan Link URL untuk mengenalkan Produk Sahabat juga bisa menampilkan BANNER (gambar) di Blog/Website Sahabat sendiri.
•    Melalui Google Adwords atau PPC Lokal
Cara ini bisa digunakan jika Sahabat sudah expert dalam hal INTERNET MARKETING, tapi tidak ada salahnya jika mencoba untuk bermain di pasar Lokal.
Kami tidak merekomendasikan cara ini karena diperlukan biaya untuk bisa melakukan promosi. Tapi jika Sahabat sudah paham betul tentang Internet Marketing maka cara inilah yang sangat kami rekomendasikan.
D.    Analisis SWOT Perdagangan Online
•    Menjunjung semangat kebersamaan
sebagai situs social commerce yang mengintegrasikan konsep e-commerce dan sosial media agar masyarakat Indonesia dapat saling berinteraksi, berbagi informasi, memberikan review, maupun merekomendasikan produk-produk berkualitas, sehingga setiap keputusan belanja yang dibuat tepat dan membawa manfaat untuk kemajuan bersama.
•    Transpan
menjunjung prinsip transparansi dengan menghadirkan mekanisme operasional dan harga yang jelas, produk orisinal bergaransi resmi dengan deskripsi yang lengkap, agar masyarakat Indonesia dapat mengambil keputusan belanja yang smart dan bijaksana.
•    Sesuai dengan norma ke-Indonesiaan
menghadirkan produk-produk yang memenuhi kebutuhan dan gaya hidup masyarakat, tanpa melanggar norma-norma kesopanan dan kesusilaan yang berlaku di tengah masyarakat Indonesia.
•    Komitmen pada pelayanan
berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia dengan kualitas pelayanan terbaik melalui customer service center yang berdedikasi.
    ANALISIS SWOT
A .STRENGHT (Kekuatan)
1) Bermacam-macam produk yang di tawarkan
2) Produk yang di tawarkan berkualitas
3) Harga kompetitif
4) Ketersediaan barang dijamin
5) Kepuasan pelanggan terjamin

B . WEAKNESS (Kelemahan)
1) Banyak mayarakat yang belum tahu tentang bisnis online ini
2) Rentan terhadap kecurangan e-commerce seperti hacker
3) Banyak masyarakat yang belum mempunyai akun paypal
4) Banyak pesaing di luar sana yang lebih bagus lagi

C. OPPORTUNITIES (Peluang)
1).Memberikan keuntungan yang cukup besar.
2). Prospek atau peluangnya cukup besar untuk dikembangkan
3). Permintaan pasar dijaman yang modern ini semakin meningkat
D. THREATH (Ancaman)
1). Banyak jenis usaha yang sama sebagai pesaing.
2). Persaingan dalam pemasaran yang semakin ketat.
3). Dalam era global seperti sekarang ini persaingan tidak hanya ada pada lingkup dalam negeri tapi seluruh dunia adalah pesaing kita.










BAB III
PENUTUP

1.    KESIMPULAN
    Bisnis internet / online adalah bisnis yang cukup menjanjikan bagi masyarakat karena dengan online cukup dengan modal kecil bisa mendirikan suatu usaha yang bisa mengasilkan untung yang besar dan sarana bagi masyarakat menyediakan lapangan kerja baru.
Namun dibutuhkan kepintaran dan pengetahuan tentang dunia internet agar bisa menjalankan bisnis secara online.
    Maka dari itu diperlukan adanya wadah dan sosialisasi bagi masyarakat, bahwa internet itu penting. Di era globalisasi ini maraknya arus informasi dan teknologi seharusnya bisa dimanfaatkan dengan baik untuk memperbaiki perekonomian masyarakat.
2.    SARAN
    Adanya sarana dan prasarana untuk masyarakat  dalam hal pendidikan dan edukasi teknologi informasi dan komunikasi itu penting, maka dari itu perlu diberlakukan sebagai awal dari kemajuan masyarakat yang ahli dalam iptek dan bisa bersaing dan memanfaatkan peluang globalisasi sehingga bisa menjadikan perekonomian masyarakat lebih maju.











DAFTAR PUSTAKA

1.    http://ariefdar.wordpress.com/2013/01/29/pengertian-bisnis-online/
2.    www.pakarbisnisonline.com/manfaat-sosial-media-dalam-berbisnis/
3.    www.startupbisnis.com/cara-membuat-analisa-swot-untuk-online-shop/
4.    www.grazera.com/book/detail/9789792289152/Analisis+SWOT

Different Themes
Written by Templateify

Aenean quis feugiat elit. Quisque ultricies sollicitudin ante ut venenatis. Nulla dapibus placerat faucibus. Aenean quis leo non neque ultrices scelerisque. Nullam nec vulputate velit. Etiam fermentum turpis at magna tristique interdum.

0 komentar